5 Tips Menegur Buah Hati Anda

Jumat, 13 Februari 2015 di Post oleh Admin

 

Pasti ada saja kelakuan dan tindakan anak yang membuat orang tua gemas dan ingin marah. Namun bila kelakuan tersebut dianggap sudah melampaui batas kesabaran atau dapat membahayakan dirinya sendiri, maka dibutuhkan beberapa teguran. Lalu bagaimana sebaiknya teguran itu dilakukan?

  1. Sikap Tegas dapat membuat anak segan lebih mematuhi peraturan yang Anda buat untuknya. Tegas dengan galak berbeda. Kalau tegas memuan anak segan sedangkan sikap galak hanya membuat anak anda takut. Salah satu contoh berperilaku tegas ada dengan nada bicara yang tidak menekan dan jelas sehingga anak dapat memahaminya dengan baik.
  2. Tekannkan pada perilaku anak, salah satu contohnya adalah dengan mengatakan "Bunda marah karena kamu tidak mau makan." Jangan katakan, " Kamu sukanya membuat ibu marah terus".
  3. Hindari kata negatif seperti " jangan" atau "tidak boleh". Lebih baik gunakan kalimat positif seperti " Bunda lebih senang jika..."
  4. Berteriak tidak bisa menyelesaikan masalah, hanya menghentikan seketika saat anak anda berada dalam posisi bahaya. Setelah itu jangan memarahi balita dengan mengatakan dia nakal. Akan lebih baik bla anda menjelaskan mengapa Anda melakukan larangan untuk perilaku anak yang dapat membahayakan dirinya.
  5. Memberikan sangsi dengan bijak. Geretakan belum tentu menghentikan perilaku sang anak. Pertimbangkan hukuman secara bijak yakni dengan "menyita" apa yang menjadi kesenangan anak anda sampai ia memahami apa yang seharusnya ia lakukan.