Gatal Akibat Gigitan Serangga

Selasa, 5 Mei 2015 di Post oleh Admin

 

Gigitan serangga biasanya disertai dengan masuknya racun atau zat lain yang masuk kedalam tubuh manusia. Akibat dari racun tersebut biasanya akan menimbulkan rasa nyeri, gatal dan terkadang hingga menimbulkan reaksi alergi.

Sementara itu tingkat keseriusan reaksi setelah digigit serangga bergantung pada tingkat sensitifitas seseorang (korban) terhadap racun atau karakter serangga tersebut dan seberapa sering korban digigit serangga.

Beberapa reaksi yang bisa ditimbulkan akibat gigitan ini biasanya berupa gatal, sensasi menyengat dan bengkak merah yang meninggalkan bekas pada kulit yang bisa hilang satu atau dua hari. Namun, demikian, ada juga reaksi yang tertunda dan akan menimbulkan demam, gatal-gatal, nyeri pada sendi hingga mampu menyebabkan pembengkakan kelenjar.

Jangan pernah menyepelekan gigitan serangga tersebut. Jika dibiarkan begitu saja, maka bukan tidak mungkin racun serangga ini bisa menyebar keseluruh tubuh dan membahayakan kesehatan.

Reaksi yang akan dirasakan pada setiap korban yang digigit serangga tentunya akan berbeda, setiap orang bisa saja mengalami reaksi langsung ataupun reaksi tertunda, bahkan bukan tidak mungkin bisa saja mengalami kedua-duanya setelah digigit serangga atau disengat lebah.

Berikut pertolongan cepat saat digigit Serangga:

  • Saat pertama kali diserang gigitan serangga, pindahkan korban ke daerah yang aman untuk menghindari jangkauan serangga yang bisa kembali menyerang.
  • Buang serangga yang menggigit apabila masih menempel pada kulit. Hal ini untuk mengurangi atau mencegah pelepasan racun dalam jumlah yang lebih banyak.
  • Bersihkan bagian yang diserang serangga menggunakan sabun atau air.
  • Oleskan Caladine Cream. Dengan mengoleskan caladine cream pada luka bekas gigitan maka akan mengurangi resiko iritasi.

Dengan mengetahui beberapa tips pertolongan cepat saat digigit serangga, maka Anda akan tahu apa yang harus Anda lakukan saat kondisi seperti ini jika tiba-tiba terjadi. Dengan begitu tak akan ada lagi panik dan kalut saat kondisi ini terjadi.