Mitos pada Balita yang harus diketahui Faktanya!

Senin, 2 Maret 2015 di Post oleh Admin

 

Tak semua mitos itu salah, karena ada juga yang mengandung kebenarannya. Namun segala sesuatu yang menyangkut perawatan bayi lebih baik dikonsultasikan pada dokter. Saat ini banyak mitos mencakup berbagai macam sendi kehidupan, termasuk mitos-mitos di seputar bayi. Berikut beberapa mitos yang salah yang beredar di masayarkat di seputar bayi yang sering banyak dilakukan oleh para orang tua.

Banyak orang tua yang percaya akan mitos. Namun tidak semua mitos harus dipercaya walau tidak semua mito itu salah. Namun bila mitos-mitos ini terkait dengan perawatan dan perkembangan buah hati kita, akan lebih baik bila dikonsultasikan kepada dokter terlebih dahulu.

Berikut adalah beberapa mitos yang tidak benar faktanya dan banyak beredar di masyarakat :

Baby walker tidak membantu bayi berjalan lebih cepat
Saat buah hati duduk dan berjalan menggunakan baby walker bukannya melatih mereka untuk berjalan lebih cepat karena ruang gerak mereka sangat sempit dan terbatasi. Terbatasnya ruang gerak ini juga akan mempengaruhi perkembangan koordinasi otot tubuh sang bayi.

Air dingin membuat bayi kuat
Perlu diketahui bahwa tubuh bayi masih sangat rentan denga suhu dingin. Oleh karena itu, anggapan memandikan bayi dengan air dingin dapat membuat bayi lebih kuat itu tidak benar. Air dingin membuat pembakaran dan metabolisme tubuh meningkat, dan makanan yang dikonsumsi bayi bisa habis hanya untuk mengatur suhu tubuh yang seharusnya bisa untuk perkembangan lainnya. Dan bila bayi kehabisan tenaga, ia dapat dengan lebih mudah terkena penyakit. Maka dari itu, suhu tubuh bayi haruslah dijaga agar tetap hangat.

Mengatasi kejang dengan Kopi
Menurut mitos ini, kopi dapat digunakan untuk mencegah dan mengobati kejang pada bayi. Namun hal ini belum terbukti kebenarannya. Akan lebih baik pada saat kondisi kejang, bayi jangan dimasukan apapun karena dapat mengakibatan bayi tersedak dan suit bernafas. Kafein dalam kopipun tidak memberikan manfaat apa-apa. Dan bahkan efek sampingnya bisa meningkatkan asam lambung, membuat bayi gelisah ataupun hiperaktif.